Sabtu, 06 Juli 2013

Novel Indonesia Terbaik

Pernahkah Sahabat Edukasi membaca sebuah novel ? atau lebih banyak menonton Televisi ? Membaca Sebuah Novel terasa akan membawa kita dari alam yang nyata ke alam imajinasi, banyak pengalaman menarik setelah kita membaca sebuah novel, cerita-cerita yang bisa membawa diri kita terhanyut kedalamnya.  Selain itu membaca novel banyak sekali manfaat nya , selain bisa menghilangkan stress, menjadi lebih cerdas dan percaya diri,  dan menjadikan pandangan hidup selalu positif.  Sahabat edukasi, tak berpanjang lebar kali ini saya akan share novel yang terlaris di Indonesia yaitu LASKAR PELANGI.  Dan bisa sahabat download pada link yang sudah disediakan. selain itu tersedia pula Sinopsisnya yang saya kutip dari sinopsisnovelku sehingga akan semakin memudahkan kita dalam memahami novel sebelum mendownload dan membacanya, selamat menikmati Sahabat Pembaca.



Novel berjudul Laskar Pelangi ini adalah novel pertama dari serangkaian tetralogi milik Andrea Hirata.
Laskar Pelangi sendiri telah menjadi buku sastra terlaris sepanjang sejarah perbukuan di Indonesia. Dan perkembangan terakhirnya, novel apik ini telah diterbitkan di berbagai benua dalam berbagai bahasa.

novel ini bercerita kehidupan kanak-kanak beberapa bocah di Belitong. Andrea Hirata memulainya dengan kisah miris dunia pendidikan di Indonesia dimana sebuah sekolah yang keurangan murid hendak ditutup. Sekolah tersebut adalah SD Muhammadiyah di Gantung Belitung Timur. Namun, karena murid yang terdaftar genap 10, sekolah dengan bangunan seadanyatersebut tetap diijinkan beraktifitas seperti biasanya. Kesepuluh murid tersebut adalah para laskar pelangi.
Tokoh dalam novel ini adalah Ikal, Lintang, Sahara, Mahar, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek, Trapani, dan juga Harun. Mereka adalah sahabat yang kisahnya memesona dunia lewat tangan dingin sang penulis. Buku laskar pelangi bercerita keseharian mereka di sekolah dan di lingkungan sosial. Mereka adalah anak-anak desa dengan tekad luar biasa. Perjalanan mereka dipenuhi kejadian yang tak terduga. Secara perlahan mereka menemukan keunggulan dalam diri dan persahabatan. Bagaimana kisah selanjutnya ? silakan download novel lengkapnya disini.
  



2. SANG PEMIMPI


Kembali menyajikan novel karya Andrea Hirata buat Sahabat Edukasi semua, karena sarat makna dan pengalaman dari penulis.
Kisah tentang kekuatan mimpi, dinamika persahabatan, ambisi, cara memaknai hidup dan lainnya. Sebagai tetralogi, penyambung kisah novel pertama dengan novel kedua ini adalah tokoh Ikal. Jika pada Laskar Pelangi, kisah yang diusung adalah kehidupak kesepuluh anak-anak Laskar Pelangi, maka dalam Sang Pemimpi, Andrea membesut kisah persahabatan antara Ikal dan tokoh sentral lainnya bernama Arai. Mimpi mereka dimulai dari desa kecil di Belitong dan mereka impikan bermuara di Eropa, tepatnya di Perancis.
Kisah dalam novel ini dimulai dengan kehidupan tokoh ikal di Belitong pada saat ia masih SMA. Ia bersama saudara jauhnya yakni Ikal menjalani masa SMA yang menyenangkan meski berat sebab tuntutan ekonomi membuat mereka dewasa sebelum waktunya. Untuk tetap besekolah dan hidup, keduanya bekerja sebagai kuli di sebuah pelabuhan ikan. Waktu kerja mereka dini hari sehingga waktu sekolah tidak terganggu. Kegigihan mereka pada akhirnya terbayar saat mereka dewasa kelak. Ikal sendiri berhasil mendapatkan gelar sarjana ekonomi dari Universitas Indonesia, sementara Arai yang pada akhirnya kuliah di Kalimantan, menjadi seorang ahli biologi. Bagaimana kelanjutan kisahnya, silahkan mendownload disini






Karena tidak sedikit dari pembaca Blog Edukasi ini adalah perempuan, kali ini saya share novel yang bercerita tentang perempuan, berikut sinopsisnya yang saya kuti dari Tyahyegyo.
Zahrana itulah namanya. Keluarga dan orang-orang terdekat memanggilnya Rana. Banyak yang memandangnya sukses. Hidup berkecukupan, punya pekerjaan yang terhormat dan bisa dibanggakan. Sekarang ia menjadi dosen disalah satu Universitas Swasta terkemuka di Jawa Tengah. Bagaimana tidak, ia lulusan mahasiswi teladan S1 UGM, dan ia mampu meraih gelar Master Teknik dari sebuah Institut Teknologi bergengsi di Indonesia. Bagi seorang perempuan seusianya nyaris tidak ada yang kurang pada dirinya. Sudah berapa kali ia mendapat pujian tentang kesuksesannya. Hanya ia seorang yang tahu bahwa sejatinya ia sangat menderita.
Usianya sudah tidak lagi muda, tiga puluh empat tahun. Ia belum menemukan jodohnya. Sudah beberapa kali seseorang datang untuk meminangnya, selalu ia tolak, bahkan Dekan Fakultas Teknik, orang nomor satu tempat ia mengajar, ia pun menolaknya.
Bagaimana Sahabat Edukasi, apa penasaran dengan kelanjutan ceritanya ?, klik disini untuk mendownload, selamat membaca. Salam edukasi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar